Festival Wayan International Digelar Di Ubud

Festival wayang international telahdigelar di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali pada tanggal 22-27 September 2013 dengan menyajikan pameran topeng dan seminar pewayangan dari berbagai Negara. Acara ini dilator belakangi keprihatinan terhadap kecendrungan mengadopsi budaya global secara instant. Di sisi lain ada pengabaian terhadap nilai-nilai ubdaya asli yang sebenarnya telah teruji menampilkan solidaritas, keilahian dan budaya ramah lingkungan.

Festival Wayang International digelar tepatnya di Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, Ubud Gianyar. Nilai-nilai tradisional tradisional semakin diabaikan dan mengalami pergeseran akibat kompetisi di semua aspek kehidupan yang menampilkan egoisme dan keserakahan sebagai perawakannya. Festival ini juga bertujuan mempromosikan Rumah Topeng & Wayang Setia Darma (Rumah Topeng dan Wayang) sebagai tempat baru.

Tempat tersebut,  sekaligus sebagai suatu wahana bagi seniman dan cendekiawan dari berbagai negara bertemu dan memperdalam hubungan antara warisan budayanya. Dengan adanya festival internasional ini, para seniman dapat mengembangkan apresiasi budaya bersama dan berkolaborasi serta mempromosikan pemahaman dan kesadaran tentang keraga rna1 budaya melalui pendidikan dan keterlibatan masyarakat.

Khusus mengenai wayang,  berhârap akan ada pembelajaran tentang dunia teater wayang bersama dengan mitologi dan aplikasi mereka dalam pendidikan masyarakat.
Dalam festival itu nanti akan ditampilkan aneka jenis wayang antara lain Wayang Golek Betawi (Jakarta), Wayang Kampung Sebelah (Sukoharjo), Wayang Beber (Girnung Kidul), Wayang Kancil (Jakarta), WayangPotehi (Gudo), Wag Golek Cing Cing Mong  (Tegal), Wayang Kulit Menak Sasak ((Lombok)) Wayang Multimedia (Bali).

Sedangkan dari negara lain akan ditampilh Otome Bunraku (Jepang), Roppets Edutainment Prøduction (Fllipina), Teatrong Mulat (Filipina), Kheimeh Shab Bazi (Iran),  Mandalay Marionettes (Myanmar), dan lain-lain.

This entry was posted in berita bali, pernak-pernik bali and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *